Unsur- Unsur Komunikasi
Istilah komunikasi berasal dari kata Latin  Communicare atau Communis
 yang berarti  sama  atau menjadikan milik bersama. Kalau kita 
berkomunikasi dengan orang lain, berarti  kita berusaha agar  apa yang 
disampaikan kepada orang lain tersebut menjadi miliknya. 
Beberapa definisi komunikasi adalah:
1.	Komunikasi adalah kegiatan pengoperan lambang yang mengandung 
arti/makna yang perlu dipahami bersama oleh  pihak yang terlibat dalam 
kegiatan komunikasi  (Astrid).
2.	Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang pikiran atau perasaan (Roben.J.G).
3.	Komunikasi adalah sebagai pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain (Davis, 1981).
4.	Komunikasi adalah berusaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain (Schram,W)
5.	Komunikasi  adalah penyampaian dan memahami pesan dari satu orang 
kepada orang lain, komunikasi merupakan proses sosial (Modul PRT, 
Lembaga Administrasi).
TUJUAN KOMUNIKASI
Hewitt (1981), menjabarkan tujuan penggunaan proses komunikasi secara spesifik sebagai berikut:
1. 	Mempelajari atau mengajarkan sesuatu
2. 	Mempengaruhi perilaku seseorang
3. 	Mengungkapkan perasaan
4. 	Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain
5. 	Berhubungan dengan orang lain
6. 	Menyelesaian sebuah masalah
7. 	Mencapai sebuah tujuan
8. 	Menurunkan ketegangan dan menyelesaian konflik
9. 	Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orng lain
Unsur-Unsur Komunikasi
1. Sumber
2. Komunikator
3. Pesan
4. Channel/ Saluran
5. Komunikasi
6. Efek
7. Faktor- faktor yang diperhatikan dalam proses komunikasi
1. Sumber
Sumber adalah dasar yang digunakan dalam penyampaian pesan dan digunakan
 dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Sumber dapat berupa orang, 
lembaga, buku, dokumen dan sejenisnya.
2. Komunikator
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
- Penampilan
Khusus dalam komunikasi tatap muka atau yang menggunakan media pandang 
dengan audio visual, seorang komunikator harus menyesuaikan diri dengan 
lingkungan dan komunikan. Penampilan ini sesuai dengan tata krama dengan
 memperhatikan keadaan, waktu dan tempat.
- Penguasaan masalah
Seseorang yang tampil atau ditampilkan sebagai komunikator haruslah 
betul- betul menguasai masalahnya. Apabila tidak, maka setelah proses 
komunikasi berlangsung akan menimbulkan ketidakpercayaan terhadap 
komunikator dan akhirnya terhadap pesan itu sendiri yang akan menghambat
 terhadap efektivitas komunikasi.
-Penguasaan bahasa
Komunikator harus menguasai bahasa dengan baik. Bahasa ini adalah bahasa
 yang digunakan dan dapat dipahami oleh komunikan. Penguasaan bahasa 
akan sangat membantu menjelaskan pesan- pesan apa yang ingin kita 
sampaikan kepada audience.
3. Pesan
Pesan adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator. 
Pesan ini mempunyai inti pesan yang sebenarnya menjadi pengarah di dalam
 usaha mencoba mengubah sikap dan tingkah laku komunikan. Pesan dapat 
secara panjang lebar mengupas berbagai segi, namun inti pesan dari 
komunikasi akan selalu mengarah kepada tujuan akhir komunikasi itu. 
4. Channel/ Saluran
Channel adalah saluran penyampaian pesan, biasa juga disebut dengan 
media. Media komunikasi dapat dikategorikan dalam dua bagian, yaitu 
media umum dan media massa. Media umum adalah media yang dapat digunakan
 oleh segala bentuk komunikasi, contohnya radio dan sebagainya. Media 
massa adalah media yang digunakan untuk komunikasi massa, misalnya 
televisi. 
5. Komunikasi
Komunikasi dapat digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu
1) personal
2) kelompok, dan
3) massa 
Dari segi sasarannya, komunikasi ditujukan atau diarahkan kedalam 
komunikasi personal, komunikasi kelompok dan komunikasi massa. 
6. Efek
Efek adalah hasil akhir dari suatu komunikasi, yaitu sikap dan tingkah 
laku orang, sesuai atau tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Apabila 
sikap dan tingkah laku orang lain itu sesuai, maka komunikasi berhasil. 
7. Faktor- faktor yang diperhatikan dalam proses komunikasi
1)Empat tahap proses komunikasi menurut Cutlip dan Center, yaitu:
- pengumpulan fakta
- Perencanaan
- Komunikasi
- Evaluasi 
2)Prosedur mencapai effect yang dikehendaki menurut Wilbur Schraam, yaitu:
- Attention (perhatian)
- Interest (Kepentingan)
- Desire (Keinginan)
- Decision (Keputusan)
- Action (Tindakan)
sumber : http://latansablog.wordpress.com/2011/11/24/pengertian-dan-unsur-unsur-komunikasi/
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar